Analisis Komparasi Teknik Rendering Blender Render Dan Cycles Render Pada Video Animasi 3d Tentang Alat Pencernaan Manusia

Penulis

  • Brilian Nusa Bhakti Universitas Amikom Purwokerto
  • Yusmedi Nurfaizal Universitas Amikom Purwokerto
  • Toni Anwar Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.33050/tmj.v6i2.1723

Abstrak

Perkembangan teknologi dari tahun ke tahun semakin pesat. Tidak bisa dipungkiri lagi segala aspek bidang sudah menggunakan teknologi baik bidang militer, pendidikan, informasi dan sebagainya. Sehingga pengerjaan yang biasanya membutuhkan waktu yang lama dengan adanya perkembangan teknologi menjadi lebih mudah dan cepat.Saat ini penggunaan animasi 3D semakin populer, karena dapat diaplikasikan ke berbagai aspek. Animasi 3D mampu menyampaikan konsep yang rumit sekalipun menjadi mudah dimengerti. Selain itu, animasi 3D memilki kelebihan yaitu menjadikan penonton lebih mudah memberikan perhatian dan fokusnya. Rendering adalah proses yang akan menentukan hasil dari animasi 3D tersebut. Peneliti mengangkat judul Analisis Komparasi Teknik Rendering Blender Render Dan Cycles Render Pada Video Animasi 3d Tentang Alat Pencernaan Manusia.Tujuan penelitian ini membandingkan teknik rendering Blender render dan Cycles render berdasarkan kecepatan rendering,  ukuran file hasil render dan kualitas hasil render. Parameter yang digunakan untuk pengujian kedua teknik ini adalah texture.Dari hasil pengujian tersebut didapatkan bahwa teknik render dengan menggunakan Blender render akan lebih baik digunakan pada video animasi 3d tentang alat tubuh manusia, karena dari hasil pengujian kecepatan render, Blender render lebih cepat dibanding Cycles render. Sedangkan ketika untuk menghemat ukuran file hasil render maka lebih baik menggunakan Cycles render walaupun ukurannya tidak jauh berbeda.Untuk kualitas hasil render Blender render unggul dari Cycles render.

 

Kata kunci: Animasi 3D, Rendering, Cycles render, Blender render

Referensi

M. E. Apriyani and I. Setyoko, “Analisis Perbandingan Teknik Rendering V-ray Dan Mental Ray Pada Film Animasi 3d Robocube,” JURNAL TEKNIK INFORMATIKA, vol. 9, no. 1, 2016.

I. Binanto, Multimedia digital-dasar teori dan pengembangannya. Penerbit Andi, 2010.

E. Limbong, V. Tulenan, and Y. D. Rindengan, “Rancang Bangun Animasi 3 Dimensi Budaya Passiliran,” Jurnal Teknik Informatika, vol. 10, no. 1, 2017.

H. Hendratman, “The Magic of Blender 3D Modelling,” Bandung: Informatika, 2015.

I. N. B. Hartawan and A. M. Dirgayusari, “Analisis Rendering Video Animasi 3D Menggunakan Aplikasi Blender Berbasis Network Render,” Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer), vol. 1, no. 1, pp. 25–33, 2018.

J. A. Yani, “Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Ferrari, JR, Jhonson, JL, & McCown, WG (1995). Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research & Treatment. New York: Plenum Press. Yudistira P, Chandra. Diktat Ku”.

H. Sugiarto, “Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Abjad Dan Angka,” IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), vol. 3, no. 1, 2018.

N. A. Dwiningtiyas, “Pengembangan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis LINE Chatbot untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Gedangan Sidoarjo.” UIN Sunan Ampel Surabaya, 2021.

B. E. Purnama, “Konsep Dasar Multimedia Yogyakarta: Graha Ilmu,” 2013.

L. Sunarya, B. Abdurachman, and P. R. Ningsih, “Video Profile Balai Latihan Kerja Pada Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang,” Technomedia Journal, vol. 5, no. 2, pp. 206–219, 2021.

A. Aryanto, T. H. M. Umar, and D. Winarso, “Analisis Perbandingan Teknik 3D Rendering Cycles Dan Eevee Pada Software Blender,” JURNAL FASILKOM, vol. 10, no. 1, pp. 11–19, 2020.

B. D. Wicaksono and S. Anggraeni, “Perancangan Website Sistem Informasi Transaksi Tagihan Layanan Purna Jual Properti Pada Pollux Properti Indonesia,” TMJ (Technomedia Journal) Vol. 5 No. 2 Februari 2021, p. 132, 2021.

L. Sunarya, A. D. Purbayani, and N. Handayani, “Media Video Promosi Pada Roofpark Cafe & Restaurant Pucak Bogor Jawa Barat,” TMJ (Technomedia Journal) Vol. 5 No. 2 Februari 2021, p. 220, 2021.

R. Rosyid and M. A. W. Prasetyo, “Robot Peraga 12 Gerakan Pengaturan Lalu Lintas Berbasis Arduino Mega 2560,” Technomedia Journal, vol. 5, no. 2, pp. 193–205, 2021.

N. Sany and M. Kurniawan, “Sistem Informasi Surat Masuk Pada Pengelolaan Rantai Suplai Satuan Kerja Khusus Migas,” TMJ (Technomedia Journal) Vol. 5 No. 1 Agustus 2020, p. 27, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

2021-11-08

Cara Mengutip

Nusa Bhakti, B., Nurfaizal, Y., & Anwar, T. (2021). Analisis Komparasi Teknik Rendering Blender Render Dan Cycles Render Pada Video Animasi 3d Tentang Alat Pencernaan Manusia . Technomedia Journal, 6(2 Februari), 188–196. https://doi.org/10.33050/tmj.v6i2.1723