Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Upah Lembur Karyawan Menggunakan Extreme Programming

Penulis

  • Setiawansyah Universitas Teknokrat Indonesia
  • Heni Sulistiani Universitas Teknokrat Indonesia
  • Asri Yuliani Universitas Teknokrat Indonesia
  • Fikri Hamidy Universitas Teknokrat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33050/tmj.v6i1.1421

Abstrak

Bagian produksi PT Sugar Labinta membutuhkan waktu kerja lembur (overtime) untuk menyelesaikan pekerjaannya. Proses kerja lembur ini membutuhkan prosedur dan perhitungan. Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah terlalu banyak karyawan yang kerja lembur (overtime) dan terbatasnya sumber daya yang mengelola dan menghitung upah lembur. Bagian staff dalam megnhitung upah lembur karyawan harus melihat surat perintah kerja lembur (SPKL) karyawan secara satu persatu sehingga membutuhkan waktu yang lama, lalu menginputkan jam lembur karyawan, gaji pokok, menghitung jam kerja lembur secara manual, serta menghitung pembayaran upah lembur dan total upah lembur, hal ini membutuhkan ketelitian sehingga jika terjadi kesalahan akan merugikan karyawan dan perhitungan upah lembur akan dihitung ulang Sistem informasi yang dirancangan ini dapat mempermudah pihak perusahaan dalam perhitungan upah lembur karyawan dan mengurangi kesalahan dalam perhitungan upah lembur dan validasi data upah lembur. Dengan menggunakan metode extreme programming dapat lebih efektif dalam pengerjaan karena dapat menghasilkan aplikasi dengan tingkat efisiensi kinerja yaitu 75% dari waktu target yang telah direncanakan. Hasil dari sistem informasi akuntansi upah lembur karyawan pada mempermudah pihak perusahaan dalam pembuatan laporan jurnal pengeluaran kas untuk upah lembur karyawan pada PT Sugar Labinta

Referensi

H. Sulistiani, S. Setiawansyah, and D. Darwis, “Penerapan Metode Agile untuk Pengembangan Online Analytical Processing (OLAP) pada Data Penjualan (Studi Kasus: CV Adilia Lestari),” Jurnal CoreIT: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, vol. 6, no. 1, pp. 50–56, 2020. [2] H. Sulistiani, R. Triana, and N. Neneng, “Sistem Informasi Akuntansi Pengelolaan Piutang Usaha untuk Menyajikan Pernyataan Piutang (Open Item Statement) Pada PT Chandra Putra Globalindo,” Jurnal Tekno Kompak, vol. 12, no. 2, pp. 34–38, 2018.

A. S. Rafika, E. Febriyanto, and E. Safriyati, “Perancangan Modul Trainer Interface Mikrokontroler Berbasis ESP32 Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Embedded System,” Technomedia Journal, vol. 5, no. 1 Agustus, pp. 118–131, 2020.

S. D. Riskiono and U. Reginal, “Sistem Informasi Pelayanan Jasa Tour Dan Travel Berbasis Web (Studi Kasus Smart Tour),” Jurnal Informasi dan Komputer, vol. 6, no. 2, pp. 51–62, 2018.

D. A. Megawaty, “SISTEM MONITORING KEGIATAN AKADEMIK SISWA MENGGUNAKAN WEBSITE,” Jurnal Tekno Kompak, vol. 14, no. 2, pp. 98–101, 2020.

I. Handayani, G. Maulani, E. Noviandri, and H. W. Ningsih, “Optimalisasi Sistem Pengelolaan E-Journal Berbasis Open Journal System (OJS) Menggunakan Framework CSS Bootstrap Pada Instansi dan Asosiasi,” Technomedia Journal, vol. 5, no. 1 Agustus, pp. 106–117, 2020.

E. Febriyanto, T. Triyono, N. Rahayu, and R. Nurbaiti, “QRcode Verifikasi Sertifikat Sebagai Bukti Keabsahan Dokumen dalam Bidang Pendidikan,” Technomedia Journal, vol. 5, no. 1 Agustus, pp. 96–105, 2020.

Y. Rahmanto and R. Y. Utama, “Penerapan Teknologi Web3D Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Gerakan Dasar Silat,” Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), vol. 9, no. 1, pp. 7–14, 2018.

Y. Yurmaini and K. Ashari, “Analisis Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Karyawan Pada PT. Bank Pembiayaan Rakyat Al-Washliyah Medan,” AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, vol. 4, no. 2, pp. 414–435, 2019.

D. Darwis, A. F. Octaviansyah, H. Sulistiani, and Y. R. Putra, “Aplikasi Sistem Informasi Geografis Pencarian Puskesmas Di Kabupaten Lampung Timur,” Jurnal Komputer dan Informatika, vol. 15, no. 1, pp. 159–170, 2020.

A. Setiadi, I. Handayani, and F. Fadilah, “Perancangan Aplikasi Fit Your Weight Untuk Menghitung Berat Badan Ideal Berbasis Android,” Technomedia Journal, vol. 5, no. 2, pp. 144–154, 2021.

A. Roihan, N. Rahayu, and D. S. Aji, “Perancangan Sistem Kehadiran Face Recognition Menggunakan Mikrokomputer Berbasis Internet of Things,” Technomedia Journal, vol. 5, no. 2, pp. 155–166, 2021.

L. Munaroh, Y. Amrozi, and R. A. Nurdian, “Pengukuran Risiko Keamanan Aset TI Menggunakan Metode FMEA dan Standar ISO/IEC 27001: 2013,” Technomedia Journal, vol. 5, no. 2, pp. 167–181, 2021.

I. Muhamad, W. Hidayat, and I. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Pada PT. Pacific Paint Menggunakan PHP dan MySQL,” Technomedia Journal, vol. 5, no. 2, pp. 182–192, 2021.

L. Sunarya, B. Abdurachman, and P. R. Ningsih, “Video Profile Balai Latihan Kerja Pada Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang,” Technomedia Journal, vol. 5, no. 2, pp. 206–219, 2021.

Z. Fauziah, H. Latifah, X. Omar, A. Khoirunisa, and S. Millah, “Application of Blockchain Technology in Smart Contracts: A Systematic Literature Review,” Aptisi Transactions on Technopreneurship (ATT), vol. 2, no. 2, pp. 160–166, 2020.

I. Handayani, Q. Aini, and C. Y. Kristanti, “Desain Prototype Sales Report Online Menggunakan Konsep Smart Application Pada PT Evergreen Sentosa,” TMJ (Technomedia Journal) Vol. 5 No. 1 Agustus 2020, p. 14, 2021.

N. Shodik, N. Neneng, and I. Ahmad, “Sistem Rekomendasi Pemilihan Smartphone Snapdragon 636 Menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (Smart),” Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, vol. 7, no. 3, pp. 219–228, 2019.

R. M. Awangga, S. F. Pane, and C. Kurniawan, “AMCF: A Novel Archive Modeling Based on Data Cluster and Filtering,” Technomedia Journal, vol. 4, no. 2, pp. 139–152, 2020.

I. Handayani, A. Setiadi, and A. M. Ridwan, “Optimalisasi Sistem Dan Desain CCTV Pada PT Jet Teknologi Express Berbasis Cloud,” Technomedia Journal, vol. 4, no. 1, pp. 126–138, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-02

Cara Mengutip

Setiawansyah, Sulistiani, H., Yuliani, A., & Hamidy, F. (2021). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Upah Lembur Karyawan Menggunakan Extreme Programming. Technomedia Journal, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.33050/tmj.v6i1.1421