Perancangan Aplikasi Green Media Berbasis Smartphone Sebagai Sarana Media Education dan Entertainment Pada Perguruan Tinggi

  • Abdul Hayat STMIK Raharja
  • Siti Maesaroh STMIK Raharja
  • Mira Ardiana STMIK Raharja

Abstrak

Pesatnya perkembangan teknologi pada era saat ini dimana sudah memasuki era disruptif 4.0 dirasa sangat diperlukan bagi banyak orang guna mendapatkan informasi yang baik sehingga menambah wawasan dan education terutama dalam lingkup Perguruan Tinggi. Tak ayal perlunya kebutuhan sarana informasi menjadi sebuah keharusan. Namun, latar belakang permasalahan sebelumnya tidak adanya sebuah wadah kreatifitas dan prestasi mahasiswa sehingga mengakibatkan banyaknya bakat yang dimiliki oleh mahasiswa tidak dapat tersalurkan dengan baik, kemudian kurangnya apresiasi mahasiswa mengenai berita seputar prestasi yang telah diraih Perguruan Tinggi. Terdapat 3 Metode Penelitian pada penelitian ini diantaranya observasi, analisa SWOT, dan literature review. Maka perkembangan melalui aplikasi Green Media dimana berisi konten media entertainment dan education merupakan satu paket yang harus dikemas secara baik, efektif dan efisien. Dengan tujuan mahasiswa dapat mengakses aplikasi Green Media dengan contoh mendengarkan siaran radio, menyaksikan film karya-karya mahasiswa, dan berita terbaru seputar Perguruan Tinggi, Sehingga dengan adanya penelitian ini diharapkan, mahasiswa pada Perguruan Tinggi dapat mengetahui seputar prestasi dan kreatifitas terbaru apa saja yang sedang diraih oleh Perguruan Tinggi saat ini.

Kata Kunci: Green Media, Entertainment, dan Education. 

Penulis Biografi

Mira Ardiana, STMIK Raharja

Mahasiswa STMIK Raharja