Animasi 3D Arsitektural Mix Dengan Motion Grafik Sebagai Media Promosi Perumahan Bhumi Nirwana

Penulis

  • Adhi Latief Muktiana Universitas Amikom Purwokerto
  • Yusmedi Nurfaizal Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.33050/tmj.v7i1.1800

Abstrak

Rumah merupakan harta terbesar bagi keluarga dan merupakan tempat tinggal paling utama. Dalam mempromosikan rumah, tentunya sangat banyak media promosi yang dipakai seperti media cetak atau media elektronik. PT.Anugrah Bumi Sejati adalah perusahaan yang bergerak dibidang properti dan pemasaran rumah. Selama ini perusahaan menggunakan media cetak sebagai media promosi yang memiliki banyak keterbatasan seperti calon pembeli tidakmengetahui informasi lebih mengenai detail rumah yang akan dibeli. Untuk itu, dengan membuat animasi 3D sebagai media promosi rumah pada PT. Anugrah Bumi Sejati diharapkanberdampak pada peningkatan penjualan. Animasi 3D ini dibuat menggunakan Teknik low poly dan Output yang dihasilkan berupa sebuah animasi 3D sebagai media promosi rumah pada PT. Anugrah bumi Sejati yang menampilkan exterior dan interior rumah. Sesuai dengan hasil Refrensi yang diperoleh penulis karena masih sangat perlunya 3D animasi untuk keperluan promosi perumahan, maka penulis akan melakukan penelitian yang bertujuan untuk membantu mepromosikan rumah yang akan di buat menggunakan 3D Modeling low poly dan di render menggunakan v-ray dan di mix dengan motion grafik. Hasil dari perancangan ini berupa rumah dalam bentuk 3D yang dapat digunakan sebagai media dan inovasi baru untuk pembeli rumah yang ingin di huni

Referensi

L. Sunarya, P. O. A. Sunarya, A. A. Fajar, and M. F. Abdillah, “Media Video Sebagai Penunjang Promosi Pada Days Hotel & Suites Tangerang,” Technomedia Journal, vol. 6, no. 1, pp. 66–81, 2021.

J. J. Bintarto and I. S. I. Lestari, “Pemanfaatan Video Animasi 3D sebagai Media Promosi Wisata Kota Medan (Studi Kasus: Kawasan Medan Heritage),” Visualita Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, vol. 9, no. 1, pp. 123–142, 2020, doi: 10.34010/visualita.v9i1.3733.

M. Azmi, “PENGARUH IKLAN, PROMOSI PENJUALAN, DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI ULANG (Studi Pada Pengguna Shopee).” Universitas Bakrie, 2020.

N. Mulyani, “Perancangan Proses Pra Produksi Film Animasi 3D Legenda Putri Merak Jingga,” JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), vol. V, no. 2, 2019.

U. Rahardja, N. J. Tejosuwito, and F. S. Armansyah, “Perancangan Aplikasi Pen+ Berbasis Mobile untuk Memudahkan Kinerja Dosen pada Perguruan Tinggi,” Technomedia Journal, vol. 1, no. 2, pp. 50–60, 2017.

A. Salsabila, R. Yunita, and C. Rozikin, “Identifikasi Citra Jenis Bunga menggunakan Algoritma KNN dengan Ekstrasi Warna HSV dan Tekstur GLCM,” Technomedia Journal, vol. 6, no. 1, pp. 124–137, 2021.

P. Nuning Indah, “Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi,” Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, vol. 1, pp. 202–224, 2017.

I. Binanto, Multimedia Digital - Dasar Teori Dan Pengembangannya, Nikodemus. Yogyakarta: Andi Offset, 2019.

J. J. Bintarto and I. S. I. Lestari, “Pemanfaatan Video Animasi 3D sebagai Media Promosi Wisata Kota Medan (Studi Kasus: Kawasan Medan Heritage),” Visualita Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, vol. 9, no. 1, pp. 123–142, 2020, doi: 10.34010/visualita.v9i1.3733.

R. Fauzyah and E. Franzia, “Motion Graphic Promosi Pasar Papringan Di Temanggung, Jawa Tengah,” Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain, vol. 3, no. 2, p. 159, 2018, doi: 10.25105/jdd.v3i2.3602.

N. Mulyani, “Perancangan Proses Pra Produksi Film Animasi 3D Legenda Putri Merak Jingga,” JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), vol. V, no. 2, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

2022-02-11

Cara Mengutip

Muktiana, A. L., & Nurfaizal, Y. (2022). Animasi 3D Arsitektural Mix Dengan Motion Grafik Sebagai Media Promosi Perumahan Bhumi Nirwana. Technomedia Journal, 7(1 Juni), 40–52. https://doi.org/10.33050/tmj.v7i1.1800